340 KOMUNITAS LITERASI MENDAPAT BANTUAN PEMERINTAH

 

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akhirnya mengumumkan Penerima Bantuan Pemerintah untuk Komunitas Penggerak Literasi Tahun 2024 melalui Keputusan Nomor: Manual.0522/I/BS.01.00/2024 tanggal 6 Agustus 2024 melalui akun resmi Badan Bahasa.

Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Bapak E. Aminuddin Aziz selaku Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa itu menetapkan 340 Komunitas Literasi yang tersebar di seluruh Indonesia yang berhak memperoleh dana bantuan yang akan digunakan oleh komunitas literasi untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka penguatan komunitas literasi dan penguatan literasi masyarakat serta penambahan  koleksi bahan bacaan.

Dari Propinsi Sumatera Barat terdapat 13 Komunitas Literasi yang mendapatkan bantuan ini:

Sesuai dengan Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan yang dikeluarkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, seluruh kegiatan yang bersumber dari dana bantuan tersebut harus diselenggarakan pada bulan September 2024. Dapat dipastikan pada bulan September nanti akan terjadi geliat literasi yang masif di seluruh wilayah Indonesia, karena akan ada 340 komunitas literasi yang akan melaksanakan kegiatan seperti workshop, pelatihan, dan sejenisnya yang akan melibatkan pegiat literasi dan masyarakat.

Semoga dengan adanya bantuan pemerintah untuk Komunitas Penggerak Literasi dapat mendorong berkembangnya komunitas penggerak literasi, meningkatkan peran komunitas penggerak literasi sebagai wadah dan sarana menumbuhkan minat baca tulis, serta meningkatkan kecintaan masyarakat pada buku, serta menggiatkan literasi di tengah masyarakat.

Bagi Komunitas Literasi yang belum lolos tahun ini, semoga di tahun-tahun selanjutnya diberikan kesempatan yang sama. Jangan patah semangat untuk terus dan terus bergerak.

Salam Literasi!

Komentar