MERIAHKAN PERINGATAN HUT RI KE-79, PUSTAKA DUA-2 GELAR ANEKA LOMBA

 

Minggu sore, 18 Agustus 2024, puluhan anak-anak yang tinggal di sekitaran Pustaka Dua-2 (Rumah Baca dan Diskusi Sastra), seru-seruan memperingati hari kemerdekaan yang ke-79. Berbagai lomba digelar, seperti makan kerupuk, balap kelereng, busa air, voli air dan paku ceria.

Menariknya, agenda peringatan HUT RI ini mereka gagas sendiri. Beberapa orang anak yang bakda magrib mengaji di Pustaka Dua-2, punya ide untuk menggelar acara ini. Di bawah bimbingan Lindawati, Ketua Pustaka Dua-2 yang juga guru mengaji mereka, satu minggu sebelum pelaksanaan lomba, mereka mengadakan rapat, membentuk kepanitiaan, dan menunjuk Syifa (kelas 1 SMP) sebagai ketua panitia. Dan rapat-rapat ala mereka itu terjadi setiap hari sehabis mereka mengaji di malam hari.

Lomba pertama adalah balap kelereng, di mana peserta membawa sebuah kelereng yang diletakkan di atas sendok yang gagangnya digigit dengan mulut. Pemenangnya adalah yang paling duluan sampai ke garis finis tanpa menjatuhkan kelereng. Yang menjatuhkan kelereng boleh mengulang kembali dari garis start. Dan yang menjadi pemenang lomba ini adalah Abil, peserta termuda yang masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak.

Lomba selanjutnya adalah makan kerupuk. Kerupuk berwarna putih (kalau di sini biasa disebut kerupuk palembang) diikat dan digantung dengan tali. Peserta harus berlomba menghabiskan kerupuk lebih duluan biar bisa menjadi pemenang, tapi tentu saja tidak boleh dibantu dengan tangan. Jika biasanya lomba kerupuk dilakukan sambil berdiri, maka berbeda dengan yang diadakan oleh anak-anak di Pustaka Dua-2, peserta lomba makan kerupuk semuanya duduk.

Matahari semakin condong ke barat, tapi pelaksanaan lomba masih berlangsung semakin seru. Ada lomba busa air, di mana para peserta berlomba mengambil air dengan menggunakan spons cuci piring dan memasukkan ke dalam sebuah mangkuk. Mangkuk yang penuh duluan adalah pemenang dari lomba ini.

Dua lomba penutup adalah voli air dan paku ceria (memasukkan paku yang diikat tali  ke dalam botol). Lalu ditutup dengan pembagian hadiah dan makan kudapan bersama. [ua]


Cuplikan video lomba juga bisa dilihat di Instagram Pustaka Dua-2 atau di FB Pustaka Dua-2


Komentar