SAMBUT TAWARAN KERJA SAMA, PUSTAKA DUA-2 TANDA TANGANI BAST PEMINJAMAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG HATTA

 

Dalam rangka meningkatkan literasi Masyarakat, khususnya dalam hal minat  baca, pada hari Kamis, 12 September 2024, Pustaka Dua-2 yang diwakili oleh Uda Agus (pendiri) menghadiri undangan Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dalam rangka serah terima peminjaman koleksi perpustakaan.

Kegiatan yang diawali dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima itu dihadiri oleh belasan komunitas penggerak literasi yang terdiri dari Taman Baca Masyarakat dan perpustakaan sekolah yang terpilih untuk mendapatkan koleksi pinjaman.

Leksi Hedrifa, S.Kom, selaku Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari sekian banyak proposal yang mengajukan untuk mendapatkan koleksi pinjaman ini, baru beberapa yang bisa mereka akomodir.

“Dalam rentang waktu 6 bulan ke depan, buku-buku yang kami berikan kepada komunitas literasi memang masih bersifat pinjaman. Dalam jangka waktu tersebut, kami akan melakukan monitoring ke tempat bapak/ibu semua untuk melihat kebermanfaatan koleksi yang kami berikan. Jika memang itu dibutuhkan, maka status pinjaman ini nantinya akan berubah menjadi hibah, dan buku-buku tersebut sepenuhnya bisa menjadi milik Bapak dak Ibu,” ujarnya.

Masing-masing komunitas literasi, mendapatkan pinjaman buku sekitar 8 – 10 kardus buku yang berisikan lebih kurang 100 eksemplar buku per kardusnya.

Para pengelola komunitas rumah baca maupun perpustakaan sekolah sangat antusias mendapatkan kesempatan berharga ini. Hal ini jelas terlihat dari beberapa komunitas yang rela datang jauh-jauh demi menyambut ‘anugerah’ ini. Sebut saja Pak Halomoan dari Rumah Baca Ara (Pasaman Barat), Kak Ai Kurnia Sari dari TBM Lambang (Pariaman), Bu Sri Handayani dari TBM Handayani (Dharmasraya), Meylani Chandra dari TBM Remasni (Lima Puluh Kota) dan masih banyak yang lainnya.

Sebagaimana harapan di awal, semoga dengan adanya kegiatan ini, peningkatan minat baca juga terjadi di masyarakat dengan semakin dekat dan semakin banyaknya buku yang bisa dibaca. Pustaka Dua-2, sebagai salah satu TBM yang berada di Kota Payakumbuh, siap menjaga asa untuk tetap berkomitmen mendukung gerakan literasi nasional khususnya dalam hal baca dan tulis.

Ayo, kami tunggu kehadirannya di Pustaka Dua-2 (Rumah Baca dan Diskusi Sastra) yang beralamat di Perumahan Griya Asri Pakan Sinayan, Payakumbuh Barat. [*]


Ingin berita komunitasmu kami muat di www.pustaka22.com? baca ketentuan pengiriman DI SINI.

Komentar